Rabu, 24 Agustus 2011

Waspadai Cuaca di Laut tak Menentu

SANANA, PM — Kendati dalam beberapa hari ini cuaca di wilayah Kep Sula dan sekitarnya terang dan tidak hujan, namun gelombang di perairan Kep Sula dan sekitarnya masih tidak aman bagi nelayan untuk melaut maupun pelayaran penyeberangan antarpulau di kabupaten tersebut.
Data yang diperoleh dari BMG oleh Kanpel Sanana yang diteruskan ke Posko Malut, dalam beberapa hari ini, ketinggian gelombang di perairan Kep Sula dan sekitarnya rata-rata masih sekitar 1,5 meter sampai 4 meter. “Tinggi gelombang tidak normal untuk transportasi bagi kapal yang ingin berlayar, termasuk nelayan melaut, apalagi datnganya cuaca sangat tidak menentu,”kata Kanpel Sanana Rahman Soamole, melalui  Kasi Lalulintas laut Yakub Umanahu, kepada Posko Malut, kemarin.

Petani Rumput Laut Keluhkan Cuaca Tidak Menentu

Panen Rumput Laut Di Taliabu
SANANA, PM--Petani rumput laut di Taliabu, mengeluhkan cuaca tidak menentu dalam beberapa waktu terakhir. Hujan yang turun tidak menentu, sangat berpengaruh pada kondisi rumput laut siap panen dan proses pengeringan rumput laut yang sudah dipanen. Kondisi paling berbahaya ketika hujan lebat turun sementara rumput laut sedang berkembang. Jika terkena paparan langsung air hujan, batang rumput laut akan hancur.
“Kalau sudah begitu, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Kondisi cuaca akhir-akhir ini memang cukup berpengaruh terhadap kondisi tanaman rumput laut,” ujar Junaidi, salah seorang petani rumput laut kepada Posko Malut, kemarin.

Lantas Kep Sula Tekan Angka Kecelakaan Saat lebaran

SANANA, PM--Guna mengamankan bulan suci Ramadan dan mengurangi angka kecelakaan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1432 H, Satlantas Polres Kep Sula, akan melakukn patrol rutin setiap jam diluar dari operasi ketupat 2011. Hal ini dilakukan untuk menekan angka kecelakan pada bulan ramadhan atau menjelang idul fitri, begitu juga dengan usai idul fitri.
Diakui bahwa pelanggaran untuk saat ini masih berkisar 50 persen dan itu dinominasi penggunaan helm dan surat kelengkapan kendaraan.

Nasabah Kecewa atas Pelayanan BRI Kep Sula

Nasabah Mengambil Uang dalam ATM
SANANA, PM-- Lonjakan jumlah nasabah BRI Unit Sanana, Cabang Ternate  dikeluhkan para nasabah. Pasalnya, peningkatan nasabah tidak diimbangi peningkatan pelayanan. Sebab, nasabah yang cukup banyak hanya dilayani dua orang kasir (teller). Akibatnya, nasabah yang akan bertransaksi harus antre berjam-jam. Begitu juga dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang sering macet dan tidak ada uang cesh didalamnya.
Amatan Posko Malut selama sepekan ini, Nampak para Nasabah harus duduk antrian darti pagi sampai sore hari. Bahkan untuk melakukan penarikan tunia lewat ATM sulit berlangsung dan sampai saat ini tidak bias dilakukan penarikan setelah 3 hari yang lalu normal berjalan, karena masih ada uang cash dalam berangkas ATM.

Minggu, 21 Agustus 2011

Bupati Serahkan Santunan Kepada puluan warga kep Sula

SANANA, PM-- Bupati Kep Sula Ahmad Hidayat Mus, Minggu (14/8) kemarin, memberikan sedekah kepada ratusan warga yang berada di tiga kecamatan di kota sanana. Mereka berasal dari 15 desa di tiga kecamatan diantaranya Kecamatan Sula Besi, Sanana dan Sanana Utara."Santunan yang diberikan merupakan rasa persaudaraan antara pimpinan dan rakyatnya. Hingga itu, jangan melihat berapa besar nilai yang diberikan,”kata Bupati AHM saat memberikan sambutan.

Hari Pramuka di Kep Sula Diperingati Sederhana


SANANA,PM-- Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari Pramuka, Minggu (14/8), digelar secara sederhana. Yakni melalui upacara bendera di halaman kantor belakang Polres Kep Sula.
Wakil Bupati Selaku Kwarda Pramuka 
dan Pengurus Kwarda Pramuka Kep Sula 
Inspektur upacaranya dipimpin langsung Hi. Safi Pauwah, Wakil Bupati Kep Sula sekaligus Kwarcab Kep Sula. Dimana Safi Pauwah mengatakan kalau kegiatan ini merupakan moment penganugerahan panji kepramukaan dan apel akbar inilah yang kemudian diperingati setiap tahun oleh para pramuka se-Indonesia sebagai Hari Pramuka. Sehingga tepat pada hari ini, 14 Agustus 2011, diperingatilah Hari Pramuka ke-50.
Tema, Moto, Logo, dan Maskot Hari Pramuka ke-50. Dalam rangka peringatan Hari Pramuka yang ke 50 telah ditetapkan tema, moto, logo, dan maskot Hari Pramuka ke-50 Tahun 2011. Tema peringatan ulang tahun emas Gerakan Pramuka tahun 2011 ini adalah “Pramuka Penyelamat Generasi Muda”."Tahun ini peringatan hari Pramuka secara sederhana. Maklum bersamaan dengan bulan Puasa," ujar Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kep Sula Hi. Safi Pauwah, usai upacara.

Bupati Sahur Bersama Staf SKPD


SANANA, PM – Di Pertengahan Bulan Ramadan, Pemerintah Kabupaten Kep Sula semakin meningkatkan kebersamaan di kalangan aparat. Sebagai media penghubung, volume Safari Ramadan ke semua kecamatan yang diikuti oleh kepala SKPD dan staf serta pihak kecamatan ditingkatkan.
Dalam kesempatan ini, pemerintah daerah juga menggelar acara Sahur Bersama di beberapa Instansi pemerintah. Bupati Kep Sula Ahmad Hidayat Mus, melakukan rapat koordinasi bersama pimpinan SKPD, yang bertempat di Istana Daerah Kepulauan Sula, kemarin, berakhir dengan makan sahur bareng pimpinan SKPD.”Kita hanya melakukan kegiatan pemerintahan. Namun, karena bertepatan dengan suasana puasa maka secara serentak langsung diadakan dengan sahur bersama,”katanya ditandai dengan senyum khanya.

HUT RI Warga Tak Banyak Kibarkan Benderah


SANANA, PM—Warga nampaknya tidak lagi memaknai sebuah perjuangan. Buktinya, menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-66, didepan rumah penduduk sama sekali tidak terlihat mengibarkan (memasang) bendera merah putih atau emblem-emblem lainnya, sebagai bentuk penghormatan atas pengorbanan pendahul-pendahulu sebelumnya.
Bahkan, hanya bisa terlihat disejumlah perkantoran atau setidaknya di depan rumah para kepala dinas serta pertokoan. Ini seakan menandakan kurangnya perhatian warga atas hari yang sangat sacral itu. Dan himbauan pemerintah juga seakan disepelehkan, karena pemerintah melalui masjid telah mengumumkan berulang-ulang.”Torang sudah sampaikan kepada warga melalui masjid untuk memasang bendera atau umbul-umbul di depan rumah sebelum hari H (17 Agustus, red),”kata Firman jamaah masjid dibilangan Falahu.

Sekertaris Diknas Menutup Kegiatan BEC-TF


SANANA, PM—Sekertaris Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Kep Sula menutup kegiatan Program Pengembangan Kapasitas Pendidikan Dasar atau Basic Education Capacity Trust Fund (BEC-TF) untuk tingkat Kabupaten Kep Sula. Dimana dalam penutupan yang berlangsung akhir pekan kemarin itu.

Dua puluh Sekolah Terima Bantuan H dan S


SANANA, PM — Dua puluh sekolah di kabupaten Kep Sula menerima bantuan TIK untuk Hardware dan Software (H dan S, red) komputer untuk sarana pembelajaran  dari Kementerian pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah Pertama.
Bantuan untuk 20 sekolah itu dinominalkan untuk membelanjakan alat tersebut sebanyak Rp31 juta dan akan dicairkan melalui rekening, kemudian akan dibelanjakan sesuai dengan petunjuk dari kementerian untuk membeli H dan S, computer, lemptop dan infokus.”Jadi semua bantuan itu akan dibelanjakan untuk keperluan mengajar di dalam kelas,”kata Kabid Pendidikan Syamsudin Ode Maniwi, kepada Posko Malut, kemarin.

Pemuda dituntut bangun daerah


SANANA, PM - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kep Sula, Fifian Adeningsi Mus mengatakan, kepedulian serta perhatian pemuda di tengah kehidupan masyarakat merupakan soko guru agar terwujudnya tatanan kehidupan yang baik.
Sebab pemuda adalah salah satu pilar suksesnya pembangunan, sehingga keberadaannya di tengah masyarakat akan menyerap persoalan yang terjadi, dan disampaikan secara baik kepada pemerintah untuk segera dicarikan jalan keluarnya.

Paskibraka Dikarantina


SANANA, PM – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) RI, yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus, Paskibraka tingkat Kabupaten mulai dikarantina. Meskipun jadwal karantina berbeda-beda. Dimana untuk Kep Sula sendiri baru dikarantina Kamis (11/08) kemarin dengan menggunakan tiga lokasi hotel di kota Sanana.

Disdik Deadline PKBM


SANANA, PM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kab Kep Sula men-deadline Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang tidak melaksanakan kegiatan sebagaimana mestinya, terutama yang tidak mempunyai ruang belajar. Karena, dengan persoalan tersebut akan menjadi sebuah persoalan untuk peserta didik terutama menjelang ujian Nasional Program Paket (UNPP) Paket A, B dan C.

Wakil Bupati Kep Sula Akhiri Safari Ramadan


SANANA,PM--Perjalanan Safari Ramadan 1432 Pemerintah Kabupaten Kep Sula di Pulau Sanana untuk beberapa mesjid di lima kecamatan kecamatan selama ini memberikan makna yang sangat berharga dalam rangka mempererat tali silahturahmi. Rangkaian safari Ramadan Pemda Kep Sula ini dibagi dalam tiga tim dimana tim pertama di pimpin Wakil Bupati Kep Sula Hi. Safi Pauwah dan tim lainnya dipercayakan kepada para assisten  yang berada di Setda Kep Sula.

Persiapan 17-an Mulai di Mantapkan


SANANA, PM-- Menjelang momen peringatan Hari Proklamasi RI ke-66, pada 17 Agustus 2011,  Pemda Kep Sula, mengadakan rapat pembahasan persiapan detik-detik menjelang hari H-nya. Rapat yang di pimpinan langsung oleh yang dipimpin Wakil Bupati Safi Pauwah, SH. Yang bertempat di ruang rapat Wakil Bupati Kep Sula.

52 Napi Terima Remisi dua orang langsung Bebas


SANANA, PM – Hari kemerdekaan bagi banyak napi sangatlah dinanti-nanti. Mengingat pada hari tersebut akan ada pemotongan masa hukuman. Di Lapas klas II A Kep Sula  terdapat 52 napi yang mendapat remisi diantaranya Remisi Umum (RU-I) sebanyak 50 orang dan remisi khusus (RU-II) 2 orang. Mereka ini mendapat remisi pada saat hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2011 nanti.
Secara resmi, pemberian remisi akan dilakukan seusai peringatan HUT RI ke-66 yang akan disampaikan secara simbolis oleh Bupati Kep Sula Ahmad Hidayat Mus dan akan didampingi sejumlah pejabat terutama kepala lapas Sanana, Kusnali.

SP Buka Kegiatan BEC-TF


Wabup Kep Sula Safi Pauwah Membuka Kegiatan BEC-TF
SANANA, PM—Wakil Bupati Kep Sula membuka kegiatan Program Pengembangan Kapasitas Pendidikan Dasar atau Basic Education Capacity Trust Fund (BEC-TF) untuk tingkat Kabupaten Kep Sula. Karena dari 50 Kabupaten/Kota Kep Sula mendapatkan dana hibah tersebut dari Bank Dunia yang terdiri dari Komisi Eropa, dan Pemerintah Belanda.
Wakil Bupati, Safi Pauwah, SH mengatakan, pelaksanaan program ini didasarkan komitmen pemerintah daerah untuk mereformasi pendidikan yang mencakup pengelolaan, perencanaan, dan pengelolaan keuangan pendidikan.

Bupati Musnahkan Makanan Dan Minuman Kaldaruasa


SANANA, PM—Bupati Ahmad Hidayat Mus, melakukan pemusnahan terhadap sejumlah makanan kadaluarsa yang berhasil ditemukan oleh tim gabungan Pemda, Kepolisian dan DPRD Kab Kep Sula, beberapa waktu lalu. Makanan yang tergolong kadaluarsa itu diantaranya Mie Instans seperti Sarimi, makanan ringan biscuit serta minuman seperti coca cola, fanta dan sirup ABC. Dimana pemusnahan itu dilakukan Bupati dan unsure muspida yang juga di hadari oleh Ketua DPRD Kep Sula Hi. Zainal Mus.
Bupati yang di damping Wakil Bupati Safi Pauwah, usai pemusanahan makanan dan minuman yang tidak layak dikonsumsi ini mengatakan pemusnahan makanan dan minuman ini di lakukan agar seluruh para pemilik toko maupun pedangang enceran tidak akan melakukan penjualan barang yang sudah kaldaruasa.” Dengan adanya kejadian ini dimintakan kepada pemilik toko agar dapat melihat kondisi barang yang dijual,”katanya.

Gaji 13 di Dikkes Dipotong, Pegawai Ngeluh


Ilustrasi
SANANA, PM-- Sejumlah tenaga kesehatan Kabupaten Kepulauan Sula, terutama yang bertugas diluar Kota Sanana, mengeluh karena gaji ke-13 yang mereka terima dipotong Bendahara Dikkes setempat."Saya tidak mengerti mengapa gaji ke-13 harus dipotong sebesar Rp25 ribu oleh bendahara dinas Kesehatan, padahal dari aturan tidak ada istilah pemotongan," kata salah satu tenaga kesehatan di Taliabu.
Ia mengatakan, pihak bendahara tidak memberikan alasan untuk pemotongan itu. Apalagi sejauh hari Bupati dan Wakil Bupati telah meminta kepada masing-masing pimpinan SKPD untuk tidak melakukan pemotongan terhadap gaji, karena itu hak dari yang bersangkutan.”Bupati sudah ingatkan tetapi Bendahara tetap melakukan pemotongan, kendati cuma 25 ribu, tetapi jumlah tenaga kesehatan begitu banyak,”tuturnya.

Ketua DPRD Buka Puasa Bersama Piswan DPRD Si


Suasana Buka Puasa Bersama DPRD Kep Sula
SANANA, PM--Ketua DPRD Kep Sula bersama anggota DPRD lainnya, mengadakan buka puasa bersama yang dirangkaikan dengan arisan Piswan (Persatuan Istri Anggota Dewan) bertempat di kediaman Hi. Faruk Bahnan, pada akhir pecan kemarin. Buka puasa bersama ini juga sekaligus kumpul bareng bersama staf dan istri-istri diputuskan untuk menjadi agenda rutin setiap bulannya dengan lokasi yang berbeda-beda.

DPRD KEP SULA TUTUP MASA PERSIDANGAN II TAHUN SIDANG 2011


SANANA, PM—Paripurna penutupan masa persidangan II tahun sidang 2011, berjalan dengan alot dan penuh dengan usulan terhadap sejumlah persoalan yang belum terselesaikan. Kendati  sejumlah komisi mengakui DPRD Keb Kep Sula  telah dapat menyelesaikan agenda kegiatan pada masa persidangan II tahun sidang 2011. 

GARUDA dan HAMAST MINTA DKP Kep Sula Awasi Nelayan Asing

Hi. Zainal Mus
SANANA, PM– Beberapa bulan terakhir laporan tinda kejahatan pada nelayan di perairan Kepulauan Sula, kian marak terjadi. Sejumlah nelayan merasa keamanannya terancam saat mencari nafkah karena menilai perairan Kepulauan Sula semakin rawan terjadi aksi pencurian.“Kita sering mendapat laporan kehilangan alat tangkap nelayan, Dalam bulan ini saja mencapai tiga laporan kehilangan jarring ini,” ujar Amirullah,
Bukan hanya aksi pencurian jaring ikan nelayan, tetapi aksi pencurian ikan yang dilakukan nelayan luar daerah dan nelayan asing dengan cara memasang rompong di peraiaran kepualauan Sula.
Bahkan, persoalan pemasangan rompong ini telah sampai ditelingan Ketua DPRD Kep Sula Hi. Zainal Mus, bahkan dirinya meminta kepada pihak terkait terutama dinas DKP (dinas kelautan perikanan), Polairud dan TNI AL untuk melakukan patroli.”Kita minta mereka melakukan paotroli secara rutin, karena disejumlah wilayah di Kep Sula itu ternyata telah dipasangi romping milik nelayan Labuha dan Asing,”katanya.

KNPI Gelar Buka Puasa Bersama


Ketua Umum DPD KNPI Kabupaten Kep Sula
SANANA, PM-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Kabupaten Kep Sula menggelar buka puasa bersama, Minggu (21/8) kemarin yang dipusatkan di Restoran Cakalele, Sanana. DPD KNPI Kep Sula juga mengandeng Bagian Umum, Infokom dan sejumlah ormas.
Hadir pada acara itu Ketua Umum DPD KNPI Kabupaten Kep Sula Fifian Adeningsi  Mus yang juga Kabag Infokom Setda Kep Sula, dan sejumlah fungsionaris dan pengurus DPD KNPI, begitu juga dengan bagian umum Setda kep Sula.

Minggu, 14 Agustus 2011

Hari Pramuka Diperingati Sederhana


SANANA,PM-- Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari Pramuka, Minggu (14/8), digelar secara sederhana. Yakni melalui upacara bendera di halaman kantor belakang Polres Kep Sula.
Inspektur upacaranya dipimpin langsung Hi. Safi Pauwah, Wakil Bupati Kep Sula sekaligus Kwarcab Kep Sula. Dimana Safi Pauwah mengatakan kalau kegiatan ini merupakan moment penganugerahan panji kepramukaan dan apel akbar inilah yang kemudian diperingati setiap tahun oleh para pramuka se-Indonesia sebagai Hari Pramuka. Sehingga tepat pada hari ini, 14 Agustus 2011, diperingatilah Hari Pramuka ke-50.

Bupati Serahkan Santunan Kepada puluan warga kep Sula


Bupati Memberikan Sedekah secara simbolis kepada warga Kep Sula
SANANA, PM-- Bupati Kep Sula Ahmad Hidayat Mus, Minggu (14/8) kemarin, memberikan sedekah kepada ratusan warga yang berada di tiga kecamatan di kota sanana. Mereka berasal dari 15 desa di tiga kecamatan diantaranya Kecamatan Sula Besi, Sanana dan Sanana Utara."Santunan yang diberikan merupakan rasa persaudaraan antara pimpinan dan rakyatnya. Hingga itu, jangan melihat berapa besar nilai yang diberikan,”kata Bupati AHM saat memberikan sambutan.
Namun, dari pantauan Posko Malut di lokasi kegiatan terlihat bawah warga yang membawa anaknya dalam jumlah lima orang-pun diberikan satu persatu amplop.

Bupati Sahur Bersama Staf SKPD

Bupati Kep Sula AHM

SANANA, PM – Di Pertengahan Bulan Ramadan, Pemerintah Kabupaten Kep Sula semakin meningkatkan kebersamaan di kalangan aparat. Sebagai media penghubung, volume Safari Ramadan ke semua kecamatan yang diikuti oleh kepala SKPD dan staf serta pihak kecamatan ditingkatkan.
Dalam kesempatan ini, pemerintah daerah juga menggelar acara Sahur Bersama di beberapa Instansi pemerintah. Bupati Kep Sula Ahmad Hidayat Mus, melakukan rapat koordinasi bersama pimpinan SKPD, yang bertempat di Istana Daerah Kepulauan Sula, kemarin, berakhir dengan makan sahur bareng pimpinan SKPD.”Kita hanya melakukan kegiatan pemerintahan. Namun, karena bertepatan dengan suasana puasa maka secara serentak langsung diadakan dengan sahur bersama,”katanya ditandai dengan senyum khanya.
Menurutnya, selama bulan ramadhan, Wakil Bupati Safi Pauwah dan pimpinan SKPD telah mengadakan Safari Ramadan disemua kecamatan di Kota Sanana dan Sula Besi, untuk mempererat tali silaturrahmi pemerintah daerah. Selain itu, buka dan makan sahur bersama adalah untuk menyatukan visi dan misi yang saat ini diemban oleh pemerintah.

Sekertaris Diknas Menutup Kegiatan BEC-TF


SANANA, PM—Sekertaris Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Kep Sula menutup kegiatan Program Pengembangan Kapasitas Pendidikan Dasar atau Basic Education Capacity Trust Fund (BEC-TF) untuk tingkat Kabupaten Kep Sula. Dimana dalam penutupan yang berlangsung akhir pekan kemarin itu.
Dalam sambutan Amiruddin Taralesa, mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan kepada para peserta dapat menerapkan program pertama yang menggunakan Sector Wide Approarch (SWap) menuju suatu wadah yang lebih besar lagi disebut Education System Improvement and Sector Wide Approach (SISWA).”Dengan kegiatan ini diharapkan mampu diaplikasikan di sekolah,”pintahnya.

Jumat, 12 Agustus 2011

Usai Idul Fitri Lantas Sosialisasi Di Taliabu


AKP Syukur Hendri Saputra, SIK.
SANANA, PM - Satlantas Polres Kepsul, berupaya meningkatkan sosialisasi tertib lalu lintas ke masyarakat Taliabu, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di Taliabu."Selama ini, petugas memang sering melakukan sosialisasi tetib lalu lintas ke masyarakat umum maupun instansi sekolah. Tetapi, agar masyarakat lebih tertib selama berkendara di jalan raya tentu tidak ada salahnya jika sosialisasi ini juga ditingkatkan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Kep Sula, AKP Syukur Hendri Saputra, SIK.
Untuk itu, kata dia, sosialisasi tetap harus dijalankan melalui sejumlah metode agar masyarakat mudah memahaminya dan mengingatnya, agar tidak mudah melakukan pelanggaran karena pelanggaran didominasi kelompok usia dewasa, terutama tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) dan tidak memakai pengaman kepala atau helm dan tidak membawa atau memiliki surat tanda nomor kendaraan (STNK).”Sosialisasi untuk daerah taliabu akan dilakukan usai idul Fitri ini,”cetusnya.

Wakil Bupati "Kuliti" Pendidik


SANANA, PM-- Dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk SD dan SMP sederajat di lingkungan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Kepulauan Sula pada 2011, ternyata menjadi perhatian sendiri bagi Wakil Bupati Kep Sula Safi Pauwah, SH. 
Bahkan, secara blak-blakan Wakil Bupati menyayangkan sikap para kepala sekolah yang saat ini dinilai kurang bertanggungjawab atas kegiatan belajar disekolah. Namun, lebih berfokus pada perjalanan yang tak berguna alias meninggalkan tugas.”Banyak laporan bahwa Kepala Sekolah lebih banyak menghabiskan waktu di ibukota Sanana, ketimbang melakukan kegiatan belajar mengajar, dan ini akan menjadi sebuah persoalan terburuk dalam dunia pendidikan bila dibiarkan,”katanya.

KM Aksar Saputra Siap Layani Rute Samata, Ambon dan Ternate


KM AKSAR SAPUTRA 08 Di Renovasi
SANANA, PM—Selian kapal Fery yang akan masuk di Kep Sula, ternyata Dinas Perhubungan dan Kanpel Sanana melakukan loby untuk mendatangkan KM Aksar Saputra 08 yang akan melayani rute Sanana, Ternate, Taliabu, Namlea dan Ambon. Bahkan kapal ini renacananya tanggal 20 Juli kemarin sudah beroperasi. Namun, karena adanya gangguan pada Inbox-nya, maka kapal batal diberangkatkan ke Sanana.
Hal ini dikatakan Dirut KM Aksar Saputra 08, Lukman, kepada Posko Malut yang didampingi Kanpel Sanana Rahman Soamole dan Kadis Perhubungan Kep Sula Irwan Mansur, kemarin.

Evaluasi Kinerja DPRD


SANANA,PM--Masih banyak yang perlu dibenahi baik itu sarana dan prasarana infrastruktur ekonomi. pendidikan, kesehatan termasuk aparatur pemerintah yang harus ditingkatkan kinerjanya dan evaluasi kinerja aparatur perlu dilakukan sebab tugasnya sangat berkaitan erat dengan masyarakat dalam memberikan pelayanan.
Demikian diungkapkan M. Ali Ode Muhammad salah satu tokoh pemuda Taliabu Selatan, kemarin. Dia mengatakan bahwa dari sektor ekonomi misalnya, para petani khususnya yang ada di Taliabu  mereka mengaku kesulitan memasarkan hasil panennya ke Kota Sanana, Karena tidak ditunjang dengan saran transportasi laut yang tidak memadai.“Jika itu ditunjang dengan jalan yang memadai maka roda perekonomian akan semakin lancar,” ujarnya.

Kamis, 11 Agustus 2011

Garuda Berkreasi dalam Ramadahan

Ketua Umum Garuda Jainal Mus
TALIABU, PM—Dalam rangka memeriahkan Bulan Ramadhan, Gabungan Aspirasi Rakyat Untuk Daerah (Garuda) melaksanakan berbagai lomba untuk kalangan ibu-ibu majelis taklim dan TPQ di Desa Bobong.
Kegiatan yang berlangsung sejak awal puasa ini melombakan Dzikir berkelompok, Adzan, Tadarus, praktek Sholat untuk TPQ. Dimana kegiatan ini diikuti sebanyak 136 orang yang terbagi dalam dua kelompok yakni Ibu-Ibu dan Anak-anak.”Lomba ini dilaksanakan untuk mengisi bulan ramadhan dengan tajuk Garuda berramadhan,”kata Sekjen Garuda Mansuh Mudo, S. Ag, kepada Posko Malut.

Rabu, 10 Agustus 2011

Wakil Bupati Kep Sula Akhiri Safari Ramadan


SANANA,PM--Perjalanan Safari Ramadan 1432 Pemerintah Kabupaten Kep Sula di Pulau Sanana untuk beberapa mesjid di lima kecamatan kecamatan selama ini memberikan makna yang sangat berharga dalam rangka mempererat tali silahturahmi.

Persiapan 17-an Mulai di Mantapkan

SANANA, PM-- Menjelang momen peringatan Hari Proklamasi RI ke-66, pada 17 Agustus 2011,  Pemda Kep Sula, mengadakan rapat pembahasan persiapan detik-detik menjelang hari H-nya. Rapat yang di pimpinan langsung oleh yang dipimpin Wakil Bupati Safi Pauwah, SH. Yang bertempat di ruang rapat Wakil Bupati Kep Sula.

Paskibraka Dikarantina


SANANA, PM – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) RI, yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus, Paskibraka tingkat Kabupaten mulai dikarantina. Meskipun jadwal karantina berbeda-beda. Dimana untuk Kep Sula sendiri baru dikarantina Kamis (11/08) kemarin dengan menggunakan tiga lokasi hotel di kota Sanana.

52 Napi Terima Remisi dua orang langsung Bebas


SANANA, PM – Hari kemerdekaan bagi banyak napi sangatlah dinanti-nanti. Mengingat pada hari tersebut akan ada pemotongan masa hukuman. Di Lapas klas II A Kep Sula  terdapat 52 napi yang mendapat remisi diantaranya Remisi Umum (RU-I) sebanyak 50 orang dan remisi khusus (RU-II) 2 orang. Mereka ini mendapat remisi pada saat hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2011 nanti.

SP Buka Kegiatan BEC-TF

Wakil Bupati Membuka Kegiatan BEC-TF
SANANA, PM—Wakil Bupati Kep Sula membuka kegiatan Program Pengembangan Kapasitas Pendidikan Dasar atau Basic Education Capacity Trust Fund (BEC-TF) untuk tingkat Kabupaten Kep Sula. Karena dari 50 Kabupaten/Kota Kep Sula mendapatkan dana hibah tersebut dari Bank Dunia yang terdiri dari Komisi Eropa, dan Pemerintah Belanda. Wakil Bupati, Safi Pauwah, SH mengatakan, pelaksanaan program ini didasarkan komitmen pemerintah daerah untuk mereformasi pendidikan yang mencakup pengelolaan, perencanaan, dan pengelolaan keuangan pendidikan.