Kamis, 03 Februari 2011

Pemkab Bentuk Taman Seni Baca Al-Quran


TALIABU—Guna menciptakan dan mengorbitkan Qori dan Qoriah yang handal, Pemerintah Kepulauan Sula membentuk wadah Taman Seni Baca Al-Qur’an (Tasbaq), di Pulau Taliabu. Bahkan, pembentukan Tasbaq ini akan dirangkaika dengan peletakan batu pertama bangunannya.
Selain pembentukan Tasbaq, pemkab Kepsul juga melebur sejumlah pengajian Ibu-ibu menjadi majelis Dzikir dengan diberi nama Majelis Dzikir Hamast yang sebelumnya di desa Bobong dan Talo telah diresmikan Ketua DPRD Kepsul Hi. Zainal Mus, S.Pd.
Hal ini dikatakan Camat Taliabu Barat Ma’aruf, SE, kepada Posko Malut, bahwa Bupati AHM telah memberikan perintah untuk melebur pengajian Ibu-ibu menjadi Majelis Dzikir dan hal ini akan dilakukan diseluruh pulau Taliabu. Kendati, diawali dari Desa Bobong.”Untuk saat ini pemerintah kecamatan di pulau Taliabu lagi melakukan sosialisasi untuk peleburan pengajian ibu-ibu menjadi majelis Dzikir dan tenaga pengajarnya akan didatangkan dari Sanana maupun Makassar,”katanya.
Selain itu, jelasnya ada juga pembentukan wadah Taman Seni Baca Al-Qur’an (Tasbaq), di Pulau Taliabu, hal ini dimaksudkan memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk mengembangkan bakat dan kemampuan baca tulis Al-Qur’an serta pendalaman terhadap isi kandungan kitab suci alqur’an itu. Selain itu menyiapkan dan menciptakan kader (qori dan qoriah) agar dapat berkompetisi pada MTQ/STQ baik tingkat kecamatan, kabuapten/kota, provinsi maupun nasional.
Sementara itu, Hasyim Husain, S.Ag, yang menjadi pelaksana tugas untuk pembentukan itu, mengatakan untuk pelatih akan divariasikan diantaranya qori dan qoriah antara lain cabang Tilawa Quran, Hafizh Quran, Fahmi Quran, Syahri Quran dan Khath Quran.”Jadi pelatihnya akan disesuaikan dengan keinginan dalam STQ/MTQ,”katanya.
Dirinya juga menambahkan kalau pemkab dalam pekan ini sudah akan meletakan batu pertama gedung kegiatan Tasbaq yang dirancang seperti sebuah sekolah. Kendati dalam gedung itu nantinya akan menjadi pusat kegiatan belajar lainnya generasi muda taliabu.”Rencananya Bupati yang akan meletakan batu pertama gedung sanggar seni itu,”akunya. (din)

Tidak ada komentar: