Kamis, 19 Mei 2011

Akibat Cuaca Buruk Harga Ikan Di Pasar Naik


SANANA, PM--Cuaca buruk dan gelombang tinggi ternyata berdampak pada perekonomian di Kep Sula. Tak terkecuali harga ikan laut yang mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi. Harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di balikpapan , terus mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga ikan laut ini dipicu oleh cuaca buruk serta gelombang tinggi hingga para nelayan di kota ini enggan melaut.
Seperti yang terjadi di sejumlah pasar tradisional di Sanana, kenaikan harga ikan laut ini kini mencapai seratus persen dari harga sebelumnya. Seperti kenaikan harga ikan laut yang terjadi di pasar Basanohi ini harga ikan tude 9 ekor dijual dengan harga Rp20 ribu. Ikan dasar sepeti ikan gaca, Kakap satu tusuk dengan jumlah 3-4 ekor ukuran empat jari telapak tangan dijual dengan harga Rp25 ribu bahkan ada juga 30 ribu.
Bila dijual perkilo sebelumnya harga ikan kakap merah hanya Rp 25.000/Kg , kini naik menjadi Rp 50.000/Kg. Cumi cumi juga mengalami kenaikan harga , dari harga sebelumnya hanya Rp 40.000/Kg ,kini naik hingga mencapai Rp 75.000/Kg. Begitu pula ikan tongkol , biasa hanya Rp 15.000/Kg kini naik menjadi Rp 35.000/Kg.

Tidak ada komentar: