Minggu, 15 Mei 2011

Puluhan Warga Bersihkan Rumah Pascabanjir


Korban Banjir sedang Bersihkan Rumah
SANANA, PM - Puluhan warga di desa Mangon, Fagudu, Falahu, Beliga, Waiboga, Sanana, membersihkan rumah mereka yang terendam lumpur akibat banjir yang menerjang dusun desa-desa tersebut, pada Minggu (15/5) kemarin.
Salah seorang warga setempat Kasim mengatakan, banjir yang membawa lumpur, batu, dan sejumlah gelondongan kayu menyebabkan puluhan rumah terendam lumpur setinggi 60 sentimeter (cm) atau sampai pinggang orang dewasa."Warga yang berada di sekitar Kali Mangon dan Kali Belanda sempat mengungsi karena banjir membawa lumpur bercampur batu dan kayu yang dapat mengancam keselamatan jiwa," tuturnya.
Untuk itu, lanjut dia, warga bergotong royong membersihkan rumah dan jalan desa yang terendam lumpur, namun sebagian warga juga membersihkan kayu-kayu yang menyumbat aliran Kali Belanda dan Mangon yang berada di bawah sejumlah jembatan."Mudah-mudahan tidak turun hujan deras lagi karena air Sungai yang bercampur lumpur akan meluap ke pemukiman warga," paparnya.
Banjir kali ini lanjut dia, mengakibatkan satu rumah rusak berat dan empat warga mengalami luka-luka, saat berusaha menyelamatkan diri dari terjangan banjir bandang."Kami masih melakukan pendataan berapa rumah warga yang terendam lumpur dan total kerugian akibat banjir bandang itu," katanya menjelaskan. (din)

Tidak ada komentar: