Senin, 16 April 2012

Pasar Malam Tungkatkan Ekonomi Rakyat dan PAD


SANANA – Menghadapi HUT Kabupaten kepulauan Sula ke VII, tahun 2012, pemerintah Kabupaten akan menggelar pasar malam selama dua bulan, sejak Mei mendatang. Tujuan pasar malam yang dipusatkan ditapak Dua Pasar Basanohi, Sanana ini, tidak lain untuk menggeliatkan pertumbuhan perekonomian di Kabupaten kepulauan Sula.
Bahkan rencana mengadakan pasar malam telah kami sosialisasikan kepada para pimpinan SKPD, pedagang, pemilik toko. Alhasil, mereka sangat merespon, apalagi selama ini aktivitas hiburan masih sangat kurang di Kota Sanana. Maka dengan pasar mal;am ini aktivitas ekonomi akan semakin meningkat, karena SKPD dan para pemilik toko akan menyediakan kebutuhan warga. Apalagi, menjelang bulan ramadhan. Para pedagang memberikan masukan-masukan dan mendukung sekali kegiatan pasar malam, segera diadakan.
Bahkan, pihak Pendapatan Daerah menilai dengan adanya pasar malam ini pertumbuhan tingkat ekonomi juga diikuti semakin tingginya daya beli masyarakat. Menyadari peluang ini, sejumlah padagang kecil seperti pedagangkaki lima, memanfaatkannya untuk membuka sejumlah pasar malam di beberapa lokasi. “Ini menunjukan adanya perhatian terhadap usaha kecil yang ada di kep Sula,”kata Kadis Pendapatan Daerah Irwan Mansur, SH.
Dia juga mengekau dengan adanya pasar malam ini maka akan terjadi peningkatan pendapatan baik daerah maupun pedagang.“Kita bersyukur adanya pedagang itu, dengan adanya proses jual beli dan peningkatan pasar malam, berarti semakin banyak lapangan kerja dari masyarakat dan perekonomian masyarakat semakin baik. Kita belum ada solusi untuk tertibkan itu karena kita tidak ada tempat yang bisa disediakan buat mereka,” ungkapnya.
Dari aspek keekonomian, Pasar Malam ini baik langsung maupun tidak langsung juga mendatangkan keuntungan ekonomi. Karena adanya toko yang berpartisipasi merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian utama. (chu)

Tidak ada komentar: