Kamis, 10 Februari 2011

Pemekaran Taliabu Telah didukung SDM dan SDA


TALIABU, OTN—Ketua DPRD Kepulauan Sula Zainal Mus, SP.d, tak menampik pengajuan pemekaran Taliabu bukan hanya dilatarbelakangi luas wilayah. Namun, semua telah melalui kajian matang terutama potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA). Karena tujuan utama pemekaran itu untuk mensejahterakan masyarakat, justru potensi SDM dan SDA itu harus menjadi prioritas.”Memang kita akui, kecenderungan motivasi dari pemekaran ini bukan hanya karena wilayah sangat luas sehingga perlu dibagi-bagi menjadi beberapa daerah pemekaran. Akan tetapi, justru yang paling penting harus diperhatikan, adalah SDM dan SDA-nya bisa menunjang pemekaran tersebut atau tidak? Kalau SDM dan SDA-nya telah dikaji,”katanya.
Menurut dia, tujuan awal pemekaran itu untuk meningkatkan sekaligus mempercepat fungsi pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Pasalnya, dengan jarak yang relatif jauh antara pusat pemerintahan kabupaten dan kantor-kantor kecamatan dengan lingkungan masyarakat, dinilai sulit untuk melakukan pelayanan secara efektif dan efisien. “Tujuan pemekaran seperti itu, memang tidak salah, tapi tidak seratus persen benar. Sebab kalau pertimbangannya supaya mendekatkan pelayanan saja, bisa dibentuk kembali semacam keresidenan yang dipercaya mengelola anggaran,” kata Zainal Mus.
Hal lain yang sangat penting perlu dipikirkan, lanjut dia, yakni potensi SDM dan SDA yang ada di kabupaten induk maupun di daerah pemekarannya. Sebab bila SDM masyarakatnya sudah terdidik dan terbina untuk mengelola berbagai kegiatan yang bisa menghasilkan pendapatan untuk daerah, akan mempercepat pembangunan yang maju. Termasuk SDM masyarakat yang punya komitmen memperjuangkan berhasilnya pemekaran daerah. “Kalau tidak didukung oleh SDM yang cerdas dan punya kemauan besar untuk membangun daerah, pemekaran bukan jadi solusi untuk kesejahteraan rakyat,” ujarnya.
Begitu pula dengan SDA. Jika di daerah pemekaran atau kabupaten induknya sendiri tidak memiliki SDA yang bisa menyumbangkan pendapatan, perekonomian masyarakat pun tidak akan meningkat. Apalagi dari sisi SDA, antara kabupaten
induk. Dan Taliabu potensi SDA-nya cukup besar bahkan menjadi penyumbang pendapatan terbesar untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kepsul sekarang ini. (achun)

1 komentar:

Seafer mengatakan...

terima ksih, terutama kepada Pemda kep.sul dan pembuat blog OTN ini, melalui blog ini z dpt mengakses berita kekinian mengenai kondisi taliabu saat ini dan yg akan dtg....thank's. slalu di tunggu Update nya......