Kamis, 03 Februari 2011

Tata Ruang Kota Bobong di Tuntas


TALIABU—Penataan Tata Ruang Kota Bobong terus didesain terutama untuk lokasi paten perkantoran saat kabupaten Taliabu nanti diresmikan. Selain untuk perkantoran pihak kecamatan juga mendesain sejumlah lokasi parawista dan tata ruang perkampungan baru.
Hal ini dikatakan Camat Taliabu Barat Ma’aruf, SE, kepada Posko Malut, di ruang kerjanya menjelaskan bahwa saat ini penataan tata ruang kota bobong sedang dilakukan. Bahkan selain lokasi pasar sentral yang telah dirampungkan, kini perkampungan baru juga sudah di survei dan dilakukan pengukuran. Begitu juga dengan lokasi kantor DPRD dan Kantor Bupati serta jalan menuju pelabuhan pelni yang terdapat di desa Talo.
Sedangkan, untuk jalan-jalan protokol juga telah disiapkan dengan menggunakan drainase di sejumlah lokasi yang dianggap rawan dengan genangan air hujan. Dan untuk kantor SKPD telah siap dan tinggal ditempati.”19 SKPD telah siap dan tinggal di huni,”katanya.
Bukan hanya tata ruang Kota yang di tata tapi sejumlah lokasi parawisata di dekat Bobong ikut disurvei oleh DPRD dan pemerintah Kecamatan. Hal ini dilakukan tidak lain untuk mempersiapkan sejumlah aset yang dapat menambah pundi-pundi APBD kabupaten Taliabu nanti, melalui parawisata.”Sedikitnya untuk desa bobong terdapat sejumlah lokasi parawisata diantaranya karang Samada yang tergenang di belakang pulau Sehu,”jelasnya.
Dan untuk lokasi parawisata ini, pihak pemerintah kecamatan akan melakukan penataan agar supaya daya tariknya lebih alamiyah dan bersih dari sampah. Selain, wisata alam laut dan pesisir pantai yang dikelilingi pasir putih. Pemerintah kecamatan juga menyiapkan wisata gunung seperti Gunung sehu dan sejumlah goa yang saat ini masih ditelusuri asal-susulnya.
Ma’aruf, juga mengatakan bahwa langkah awal dalam penataan tata ruang kota Bobong adalah penataan pedagang yang berada di depan pelabuhan Bobong, pembukaan jalan protokol dan penambahan jalan protokol. (din)

Tidak ada komentar: