Senin, 07 Maret 2011

Jangan Remehkan US dan UN

SANANA,PM--Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kepsul, meminta semua pelajar di Kepsul tidak menganggap remeh pelaksanaan Ujian sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN). Meski posisi UN pada 2011, tak lagi menempatkan UN sebagai ‘eksekutor’ kelulusan.“Kriteria UN tahun ini memang agak ringan. Meski demikian, jangan sekali-kali UN di anggap remeh.
Hal ini dikatakan oleh Amirudin Taralesa, kepada posko Malut, bahwa kriteria kelulusan yang menempatkan UN dengan porsi 60 persen serta nilai raport dan hasil ujian sekolah (US) persentasenya 40 persen, telah membuat UN tak lagi terkesan sebagai momok yang menakutkan bagi para pelajar.“Oleh karena itu, mengingat nilai raport akan menjadi pertimbangan kelulusan, maka dalam menempuh pendidikan harus dilakukan dengan serius sejak awal masuk sekolah. Bila nilai raport jeblok, dipastikan akan sangat berpengaruh pada kelulusan nantinya. Karena semuanya akan di jumlah secara rata-rata, untuk menentukan kelulusan yang di maksud,” jelasnya.
Soal kemungkinan manipulasi nilai raport untuk mengkatrol kelulusan ini memastikan kalau paktik tersebut tak akan terjadi. Karena, nilai raport setiap siswa, akan dikrim langsung ke pusat.“Dengan proses yang seperti ini, maka kemungkinan memanipulasi nilai raport tak kan terjadi. Peluang itu ditutupi dengan mekanisme ini, sehingga nilai yang di kumpulkan siswa selama bersekolah, betul-betul hasil pelajar itu selama menempuh pendidikan,” ungkapnya.
Dalam kesempatan itu, Amir mengatakan, kalau untuk persaiapan menjelang pelaksanaan UN, Dinas Pendidikan tak lagi menggelar try out seperti tahun-tahun sebelumnya, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. “Try out kita serahkan ke sekolah-sekolah masing-masing. Harapan kami dari Dinas Pendidikan ini, agar pelaksanaan try ot dapat dijadikan momentum pelajar untuk menemukan kisi-kisi soal, yang kemungkinan akan ke luar dalam UN serta bisa memecahkan soal-soal yang sulit,” harapnya.(din)

1 komentar:

TALIABU NEWS ONLINE mengatakan...

Makin asyik dibaca makin berwariasi beritanya...makasih semua yang telah berkomentar