Jumat, 12 Agustus 2011

KM Aksar Saputra Siap Layani Rute Samata, Ambon dan Ternate


KM AKSAR SAPUTRA 08 Di Renovasi
SANANA, PM—Selian kapal Fery yang akan masuk di Kep Sula, ternyata Dinas Perhubungan dan Kanpel Sanana melakukan loby untuk mendatangkan KM Aksar Saputra 08 yang akan melayani rute Sanana, Ternate, Taliabu, Namlea dan Ambon. Bahkan kapal ini renacananya tanggal 20 Juli kemarin sudah beroperasi. Namun, karena adanya gangguan pada Inbox-nya, maka kapal batal diberangkatkan ke Sanana.
Hal ini dikatakan Dirut KM Aksar Saputra 08, Lukman, kepada Posko Malut yang didampingi Kanpel Sanana Rahman Soamole dan Kadis Perhubungan Kep Sula Irwan Mansur, kemarin. Bahwa pembatalan kapal KM AS 08 ke Sanana itu disebabkan oleh kerusakan salah satu alat mesin yang dianggap sangat penting untuk menambah kecepatan kapal. Apalagi daerah yang akan dilalui itu sangat berarus dan mempunyai pulau yang sangat jauh dibandingkan dengan Halmahera Selatan.”Kami tetap akan mengupayakan kapal itu beroperasi sebelum usai lebaran, bila inboks yang saat ini telah diperbaiki dalam waktu dekat sudah rampung,”katanya.
Lukman juga mengaku bahwa perusahan aksar tidak hanya akan memasok 1 kapal ke Kep Sula. Namun, empat kapal dimana sebelumnya sudah masuk kapal aksar o3 dan 04 yang melayani pulau Taliabu dan Mangoli dari Sanana. Sedangkan dua kapal lainnya akan melayani Ternate, Sanana, Taliabu, Namlea dan Ambon. Sedangkan satu kapal yang juga sedang dipersiapakan itu akan melayani rute Taliabu, Banggai, Bau-Bau dan Wanci, Tomia dan Kaledupa.”Kita menyediakan KM aksar untuk menjadi penghubung daerah sebagaimana kapal Pelni lainnya,”tandasnya. (din)

Tidak ada komentar: