Rabu, 24 Agustus 2011

Lantas Kep Sula Tekan Angka Kecelakaan Saat lebaran

SANANA, PM--Guna mengamankan bulan suci Ramadan dan mengurangi angka kecelakaan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1432 H, Satlantas Polres Kep Sula, akan melakukn patrol rutin setiap jam diluar dari operasi ketupat 2011. Hal ini dilakukan untuk menekan angka kecelakan pada bulan ramadhan atau menjelang idul fitri, begitu juga dengan usai idul fitri.
Diakui bahwa pelanggaran untuk saat ini masih berkisar 50 persen dan itu dinominasi penggunaan helm dan surat kelengkapan kendaraan.

Kasat Lantas Polres Kep Sula, AKP Syukur Hendri Saputra, SIK, mengatakan pelanggaran lalu lintas tertinggi di Kabupaten Kep Sula adalah pengguna kendaraan yang dibeli dari luar daerah. Terutama mereka yang tidak melengkapi surat kenderaan bermotor, kemudian penggunaan helm. “Anggota tetap melakukan sosialisasi tertib lalu lintas ke berbagai pihak dan angkannya menurun untuk kecelakan berat (tabrakan yang menyebabkan korban, red). Kami berharap dengan data seperti tadi, bagi pengendara kendaraan motor maupun pejalan kaki, khusunya pegawai pemerintahan, swasta dan pelajar agar mematuhi peraturan lalulintas," kata Kasat Lantas Kep Sula.
Selain itu, pemakaian helm standar bagi pengendara sepeda motor sangat diperlukan, bukan karena takut ditilang, tapi untuk keselamatan diri sendiri. Kalau terjadi kecelakaan, maka helm bisa mengurangi risiko akibat kecelakaan itu sendiri.”Helm ini yang masih sulit diatur terutama malam hari,”akunya.
Selain itu, Satlantas juga melakukan kegiatan lainnya seperti pemasangan spanduk di seputaran perkotaan, pasar dan pintu masuk maupun keluar dalam pelabuhan. Spanduk itu berisi imbauan guna mematuhi peraturan lalulintas.
Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas, selain melakukan pemeriksaan Ranmor secara stationer, Polres Kep Sula juga akan melakukan kerjasama dengan Dinas Perhubungan Kep Sula guna memasang rambu-rambu lalulintas yang sudah rusak dan hilang.”kita libatkan semua element dan lembaga terkait,”kata Syukur. (din)

Tidak ada komentar: