Minggu, 21 Agustus 2011

SP Buka Kegiatan BEC-TF


Wabup Kep Sula Safi Pauwah Membuka Kegiatan BEC-TF
SANANA, PM—Wakil Bupati Kep Sula membuka kegiatan Program Pengembangan Kapasitas Pendidikan Dasar atau Basic Education Capacity Trust Fund (BEC-TF) untuk tingkat Kabupaten Kep Sula. Karena dari 50 Kabupaten/Kota Kep Sula mendapatkan dana hibah tersebut dari Bank Dunia yang terdiri dari Komisi Eropa, dan Pemerintah Belanda.
Wakil Bupati, Safi Pauwah, SH mengatakan, pelaksanaan program ini didasarkan komitmen pemerintah daerah untuk mereformasi pendidikan yang mencakup pengelolaan, perencanaan, dan pengelolaan keuangan pendidikan.
Berikutnya, komitmen pemerintah daerah untuk menyediakan dukungan yang cukup dalam penyelenggaraaan pendidikan dasar yang berkualitas dan alokasi pembiayaan pendidikan di daerah.”Memang selama ini masih terdapat sejumlah kekurang dalam pendidikan dan itu disebabkan oleh pengajar,”katanya.
Mantan Kadis Pendidikan ini juga menyampaikan, program yang didanai Komisi Eropa dan Pemerintah Belanda melalui Bank Dunia ini merupakan program pertama yang menggunakan Sector Wide Approarch (SWap) menuju suatu wadah yang lebih besar lagi disebut Education System Improvement and Sector Wide Approach (SISWA). "Melalui wadah SISWA ini nanti, pemerintah diharapkan mampu mengelola secara lebih efektif dan efisien investasi di sektor pendidikan yang datang dari berbagai donor untuk membantu Indonesia dalam mencapai prioritas pembangunan di bidang pendidikan," katanya.
Sementar itu, Kadis Pendidikan Hi Zaidun, menjelaskan, program untuk mendukung rencana strategis pendidikan di Indonesia ini akan dilaksanakan dalam jangka waktu lima tahun mulai 2008 sampai 2012. "Program ini juga untuk memfasilitasi program - program kerja sama bilateral dan multilateral yang mendukung peningkatan pendidikan dasar," katanya.
Zaidun juga menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan dan mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Dengan memahami potensi TIK untuk pendidikan, memahami konsep pembelajaran terintegrasi dengan TIK, pembuatan naskah bahan presentasi, memanfaatkan internet dalam pembelajaran, mengenal tool aplikasi pembuatan bahan presentasi, membuat bahan presentasi dan membuat blog edukatif sederhana.
Ketua Panitia Amiruddin Taralesa, menjelaskan bahwa kegiatan yang dipusatkan di Aula SMA 1 Sanana ini dihadiri 120 peserta dari Kep Sula dan akan berlangsung semala tiga harti dengan pemateri dari kalangan pendidik maupun pemerhati pendidikan.”Kita akan melaksanakan selama 3 hari,”tandasnya. (din)

Tidak ada komentar: