Rabu, 24 Agustus 2011

Waspadai Cuaca di Laut tak Menentu

SANANA, PM — Kendati dalam beberapa hari ini cuaca di wilayah Kep Sula dan sekitarnya terang dan tidak hujan, namun gelombang di perairan Kep Sula dan sekitarnya masih tidak aman bagi nelayan untuk melaut maupun pelayaran penyeberangan antarpulau di kabupaten tersebut.
Data yang diperoleh dari BMG oleh Kanpel Sanana yang diteruskan ke Posko Malut, dalam beberapa hari ini, ketinggian gelombang di perairan Kep Sula dan sekitarnya rata-rata masih sekitar 1,5 meter sampai 4 meter. “Tinggi gelombang tidak normal untuk transportasi bagi kapal yang ingin berlayar, termasuk nelayan melaut, apalagi datnganya cuaca sangat tidak menentu,”kata Kanpel Sanana Rahman Soamole, melalui  Kasi Lalulintas laut Yakub Umanahu, kepada Posko Malut, kemarin.

Namun Yakub  mengimbau para nelayan maupun penyedia jasa penyeberangan antarpulau di Taliabu dan sekitarnya tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya perubahan ketinggian gelombang menyusul tidak menentunya kondisi cuaca di laut akhir-akhir ini.“Ketinggian gelombang biasanya tidak menentu. Apalagi untuk masuk ke wilayah selat capalulu untuk tetap berhati-hati, kendati  masih bisa dilalui bagi pelayaran. Hanya saja tetap waspada dan hati-hati sewaktu-waktu gelombang bisa mencapai satu sampai 4 meter,” ujarnya.
Namun Yakub menjelaskan, tinggi gelombang normal untuk dilalui kapal dibedakan sesuai ukuran kapal tersebut. Ia mencontohkan, kapal berukuran kecil masih bisa melewati gelombang setinggi satu meter, sedangkan untuk kapal besar 1.5 meter. (din)

Tidak ada komentar: