Senin, 09 April 2012

Jelang Penilaian Adipura, Sanana Dikuningkan


SANANA--Menjelang penilaian adipura tahun 2012, komplek pertokoan yang berada di sepanjang kota Sanana dibersihkan. Kegiatan bersih-bersih tersebut dilakukan secara gotong royong oleh PNS dan Masyarakat yang berada di lokasi pertokoan, bukan hanya dilokasi pertokoan, tetapi disepanjang jalan utama di kota Sanana terlihat tampil beda dengan warna pagar kuning dan dihiasi dengan bunga.
Pemandangan Bakti dan bersih kota ini selain memperebutkan tropi Bupati untuk kegiatan lomba kelurahan/ desa terindah dan terbersih serta memasuki penilaian adipura tahap kedua. Hingga itu, sejumlah warga di masing-masing desa dan kecamatan di dalam Kota Sanana ikut berpartisipasi. Bahkan, Camat Kota Sanana juga ikut melakukan pemantauan kegiatan bersih kota ini.
  Menurut Kepala BLH Pemkab Kep Sula, Hi. Jaidun, bahwa dirinya bersama unsur BLH akan melanjutkan ide awal kegiatan gotong royong tersebut dari Kabag BLH sebelumnya dan meminta masyarakat tetap ikut berpartisipasi berasal dari masyarakat. Bukan, hanya melalui pemda tetapi juga kader PKK Kabupaten tidak mau ketinggalan menggalakan para ibu di tingkat desa sampai kecamatan untuk berpartisipasi dalam mendukung program penilaian adipura tahun 2012, juga untuk lebih menjaga kebersihan dan keindahan di kota Sanana.”Ini bukan karena lomba tetapi semangat untuk mempercantik diri melalui kota sendiri,”kata Hj Hindun Pauwah.
Begitu juga Ibrahim Tidore, kepala pasar Kota Sanana, tidak mau ketinggalan melakukan penataan PKL di dalam pasar, bahkan sejumlah bunga di bilangan terminal dan larangan membuang sampah sembarangan telah dipasang oleh mantan kabag Infokom Setda kep Sula ini.
Sementara itu, BLH dan Tata Kota tetap juga masih melakukan penanaman pohon di sekitar jalan-jalan protokol, bertujuan untuk mengatasi kekurangan Ruang Terbuka Hijau yang ada di Wonosobo. Mengingat di sekitar lokasi parkir dan trotoar adalah aspal, maka pihaknya melakukan pengeboran dengan diameter sekitar 10 cm, dengan tujuan agar akar pohon bisa masuk ke tanah, dan nantinya jika sudah tumbuh besar tidak akan merusak jalan. Jenis pohon yang ditanam adalah bervariasi.
Dipilihnya pohon daun yang rimbun dan batang yang bagus, sehingga disamping rimbun juga mendukung keindahan kota. Selain itu dengan dilakukannya penanaman yang nantinya akan dirawat oleh petugas dan bertujuan bisa menjadi upaya yang sinergis antara Pemerintah dan masyarakat, terkait penghargaan adipura, dengan harapan masyarakat juga ikut terlibat dan memiliki penghargaan kebersihan lingkungan ini, sehingga ke depannya stigma bahwa adipura hanya milik Pemerintah bisa dihilangkan. (chu)

Tidak ada komentar: